8 september 2015
adalah hari dimana kami mahasiswa Pascasarjana pendidikan matematika kelas A
memulai kuliah pertama kami di mata kuliah metodologi penelitian pendidikan.
Kuliah ini dilaksanakan digedung Lab.Mipa ruang PPG1 lantai 2. Kuliah akan
dilaksanakan pada pukul 07.30-10.00. Setelah menunggu tidak begitu lama dari
jadwal yang ditentukan ibu dosen yang mengajar kelas kami yaitu ibu DR.Heri
Retnowati hadir didalam kelas. Dikarenakan beliau memiliki sedikit permasalahan
pada jam kuliah yang bertabrakan. Maka beliau memberikan kami tugas terlebih
dahulu untuk didiskusikan selagi beliau menyelesaikan pembelajaran dikelas
lainnya. Kelas dibentuk menjadi 9 kelompok, yang terdiri dari 2-3 anggota
kelompok. Permasalahan yang akan kami diskusikan adalah permasalahan apa saja
pada proses belajar mengajar yang timbul dari kacamata Guru, Siswa, kepsek, dinas
pendidikan, dan orang tua.
Didalam proses belajar mengajar telah banyak kita temui Permasalahan. Permasalahan-permasalahan itu dapat berasal dari dalam lingkungan sekolah itu sendiri atau bahkan dari dalam luar sekolah. Permasalahan biasa ditemukan apabila ada ketidaksikronan antara pihak yang satu dengan pihak yang lainnya. Serta ketidaksesuaian antar perangkat sekolah dan pihak pendukungnya. Bahkan permasalahan pada proses belajar mengajar bisa datang dari dalam diri pengajar itu sendiri dan pemerintah. Permasalahan yang datang dari pemerintah adalah berupa perubahan perubahan kurikulum yang dapat mempengaruhi proses belajar mengajar.
Hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan didalam proses
belajar mengajar yang datang dari perangkat sekolah dan pihak pendukungnya.
Nama Anggota: 1. Evvy Lusyana
2.
Fauziah Artanti
3.
Novika Sukmaningthias
Permasalahan yang dihadapi: -Guru
-siswa
-Kepsek
-Dinas
Pendidikan
-
Orang tua
Permasalahan yang dihadapi Guru :
·
kesiapan materi
· 1 Metode Pembelajaran kurang variatif
· 2Penyesuaian waktu antara silabus dan kenyataan
tidak sesuai ( pengalokasian waktu)
· 3Media Pembelajaran
· 4Konsentrasi guru terbagi karena mengajar
dibanyak sekolah
· 5Kegiatan-kegiatan non akademik
Permasalah yang dihadapi siswa
- 1 Minat belajar yang kurang
- 2Persiapan belajar
- 3Ketertarikan dengan pengajar
- 4Matematika dianggap sulit
Permasalahan yang dihadapi kepala sekolah
- 1Kurang mengontrol pengajar ( monitoring)
- 2Jarang disekolah
- 3Penyediaan media pembelajaran
Permasalahan yang dihadapi dinas pendidikan
- 1Pelatihan tidak merata (baik disekolah maupun
diluar sekolah)
- 2Monev ( Monitoring dan Evaluasi)
Permasalahan yang dihadapi Orang tua
- 1Kurang komunikasi dengan anak dan guru
- 2Kurang peduli
- 3Kurang memantau kegiatan pembelajaran
Kesimpulan Masalah-masalah pendidikan matematika dapat
diklassifikasikan berdasarkan sumbernya setelah didiskusikan secara bersama:
1. 1Guru
- 2Kurikulum yang diberikan pemerintah (bahan ajar,
penilaian, pembelajaran)
- 3Kepribadian (kompetensi) dalam mengajar
- 4Pemilihan pendekatan/metode pembelajaran
- 5Adanya sertifikasi guru apakah meningkatkan
kinerja
- 6Ekonomi guru, mengajar bukan karena panggilan
hati namun karena ada memenuhi ekonomi, 7mempengaruhi konsentrasi guru
- 8Guru sulit mengubah sudut pandang siswa, bahwa
matematika menyenangkan
- 9Guru mngejar target materi tanpa memperhatikan
pemahaman konsep
- 10Tidak dapat membangkitkan minat dan motivasi
- 11Menyusun media pembelajaran
- 12Kurangnya pelatihan kompetensi guru
- 13Manajemen waktu pembelajaran
- 14Karakteristik siswa yang variatif
- 15Ketidaksiapan siswa dalam pembelajaran
- 16Kegiatan non akademik yang mempengaruhi waktu
efektif pembelajaran
- 17Motivasi guru dalam melaksanakan pembelajaran masih
kurang
2.
Siswa dan Motivasi
- 1Minat dan Motivasi siswa kurang
- 2Ketertarikan siswa terhadap guru
- 3Siswa belum memahami materi prasyarat sehingga
kesulitan memahami materi berikutnya
- 4Pembelajaran guru dianggap monoton
- 5Matematika dianggap sulit
- 6Pemahaman buku yang kurang, materi terlalu
abstrak
- 7Penerapan waktu 5 hari kerja membuat siswa
kurang konsentrasi
- 8Kemampuan siswa yang varian
- 9Fasilitas pembelajaran
- 10Jadwal belajar ( khusus MIPA sebaiknya
diletakkan pada pagi hari)
Dikarenakan keterbatasan waktu maka
diskusi tentang permasalahan dari segi kepsek, dinas pendidikan, dan orang tua
akan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar