Minggu, 13 September 2015

PERTEMUAN PERTAMA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN


8 september 2015 adalah hari dimana kami mahasiswa Pascasarjana pendidikan matematika kelas A memulai kuliah pertama kami di mata kuliah metodologi penelitian pendidikan. Kuliah ini dilaksanakan digedung Lab.Mipa ruang PPG1 lantai 2. Kuliah akan dilaksanakan pada pukul 07.30-10.00. Setelah menunggu tidak begitu lama dari jadwal yang ditentukan ibu dosen yang mengajar kelas kami yaitu ibu DR.Heri Retnowati hadir didalam kelas. Dikarenakan beliau memiliki sedikit permasalahan pada jam kuliah yang bertabrakan. Maka beliau memberikan kami tugas terlebih dahulu untuk didiskusikan selagi beliau menyelesaikan pembelajaran dikelas lainnya. Kelas dibentuk menjadi 9 kelompok, yang terdiri dari 2-3 anggota kelompok. Permasalahan yang akan kami diskusikan adalah permasalahan apa saja pada proses belajar mengajar yang timbul dari kacamata Guru, Siswa, kepsek, dinas pendidikan, dan orang tua. 

Didalam proses belajar mengajar telah banyak kita temui Permasalahan. Permasalahan-permasalahan itu dapat berasal dari dalam lingkungan sekolah itu sendiri atau bahkan dari dalam luar sekolah. Permasalahan biasa ditemukan apabila ada ketidaksikronan antara pihak yang satu dengan pihak yang lainnya. Serta ketidaksesuaian antar perangkat sekolah dan pihak pendukungnya. Bahkan permasalahan pada proses belajar mengajar bisa datang dari dalam diri pengajar itu sendiri dan pemerintah. Permasalahan yang datang dari pemerintah adalah berupa perubahan perubahan kurikulum yang dapat mempengaruhi proses belajar mengajar.

Hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan didalam proses belajar mengajar yang datang dari perangkat sekolah dan pihak pendukungnya.
Nama Anggota: 1. Evvy Lusyana
                           2. Fauziah Artanti
                           3. Novika Sukmaningthias

Permasalahan yang dihadapi:     -Guru
                                                    -siswa
                                                    -Kepsek
                                                    -Dinas Pendidikan
                                                    - Orang tua

Permasalahan yang dihadapi Guru :
·         kesiapan materi
·          1 Metode Pembelajaran kurang variatif
·         2Penyesuaian waktu antara silabus dan kenyataan tidak sesuai ( pengalokasian waktu)
·         3Media Pembelajaran
·         4Konsentrasi guru terbagi karena mengajar dibanyak sekolah
·         5Kegiatan-kegiatan non akademik

Permasalah  yang dihadapi siswa
-         1 Minat belajar yang kurang
-          2Persiapan belajar
-          3Ketertarikan dengan pengajar
-          4Matematika dianggap sulit

Permasalahan yang dihadapi kepala sekolah
-          1Kurang mengontrol pengajar ( monitoring)
-          2Jarang disekolah
-          3Penyediaan media pembelajaran

Permasalahan yang dihadapi dinas pendidikan
-          1Pelatihan tidak merata (baik disekolah maupun diluar sekolah)
-          2Monev ( Monitoring dan Evaluasi)

Permasalahan yang dihadapi Orang tua
-          1Kurang komunikasi dengan anak dan guru
-          2Kurang peduli
-          3Kurang memantau kegiatan pembelajaran


Kesimpulan Masalah-masalah pendidikan matematika dapat diklassifikasikan berdasarkan sumbernya setelah didiskusikan secara bersama:
1.       1Guru
-          2Kurikulum yang diberikan pemerintah (bahan ajar, penilaian, pembelajaran)
-          3Kepribadian (kompetensi) dalam mengajar
-          4Pemilihan pendekatan/metode pembelajaran
-          5Adanya sertifikasi guru apakah meningkatkan kinerja
-          6Ekonomi guru, mengajar bukan karena panggilan hati namun karena ada memenuhi ekonomi, 7mempengaruhi konsentrasi guru
-          8Guru sulit mengubah sudut pandang siswa, bahwa matematika menyenangkan
-          9Guru mngejar target materi tanpa memperhatikan pemahaman konsep
-          10Tidak dapat membangkitkan minat dan motivasi
-          11Menyusun media pembelajaran
-          12Kurangnya pelatihan kompetensi guru
-          13Manajemen waktu pembelajaran
-          14Karakteristik siswa yang variatif
-          15Ketidaksiapan siswa dalam pembelajaran
-          16Kegiatan non akademik yang mempengaruhi waktu efektif pembelajaran
-          17Motivasi guru dalam melaksanakan pembelajaran masih kurang

2.       Siswa dan Motivasi
-          1Minat dan Motivasi siswa kurang
-          2Ketertarikan siswa terhadap guru
-          3Siswa belum memahami materi prasyarat sehingga kesulitan memahami materi berikutnya
-          4Pembelajaran guru dianggap monoton
-          5Matematika dianggap sulit
-          6Pemahaman buku yang kurang, materi terlalu abstrak
-          7Penerapan waktu 5 hari kerja membuat siswa kurang konsentrasi
-          8Kemampuan siswa yang varian
-          9Fasilitas pembelajaran
-          10Jadwal belajar ( khusus MIPA sebaiknya diletakkan pada pagi hari)


Dikarenakan keterbatasan waktu maka diskusi tentang permasalahan dari segi kepsek, dinas pendidikan, dan orang tua akan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar