Minggu, 13 September 2015

PENGENALAN FILSAFAT ILMU

         8 september 2015 tepatnya pada hari selasa adalah hari dimana kami mahasiswa Pascasarjana pendidikan matematika kelas A memulai kuliah pertama kami di mata kuliah filsafat ilmu. Kuliah ini dilaksanakan digedung lama pascasarjana ruang 305B. Kuliah ini dilaksanakan pada pukul 11.50-12.50. Mata kuliah Filsafat Ilmu ini diajarkan oleh bapak Prof.DR.Marsigit,MA.
        Tak kenal maka tak sayang, ungkapan itulah yang membuat kami melakukan perkenalan terlebih dahulu sebelum memulai perkuliahan. Pak marsigit memanggil kami satu persatu dan kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari bapak Prof.DR.Marsigit,MA.
        Dari yang saya rasakan kuliah dengan pak marsigit sungguh sangat menyenangkan, kelas terasa santai dengan dibentuk setengah lingkaran  dan seperti tidak ada jarak antara mahasiswa dan dosennya. Cara penyampaian mengenai kuliah filsafat ini bagaimanapun sangat menyenangkan, santai namun tetap serius serta memiliki tujuan penacapaian.
 
  Selama penjelasan mengenai pokok-pokok, prinsip, dan tata cara perkuliahan bapak Prof.DR.Marsigit,MA tidak memerintahkan kami untuk mencatat. Kami dipersilahkan untuk merekam apa yang beliau ucapkan dengan handphone kami masing-masing. Dari apa yang beliau jelaskan yang saya dapat adalah, filsafat ilmu adalah olah pikir. Sumber-sumber yang dipikir apa saja, bagaimana pembenarannya, bagaimana logikanya, apa cakupannya, apa obyeknya, bagaimana caranya, etik dan estetikanya. Kemudian menurut siapanya, kapan dan dimana. Filsafat itu terbagi tiga, yaitu ontologi, estimologi, estetika. Ontologi adalah hakekat, estimologi adalah metodologinya, dan estetika adalah kepantasan ( benar dan salahnya). Jika kita mempelajari yang satu maka akan mempelajari yang lainnya. Tata cara pembelajaran filsafat adalah dengan hard and soft dan jika soft diperlunak lagi menjadi spiritual dan kemudian keikhlasan. Kami akan Mempelajari filsafat ilmu menjadi filsafat. Ilmu otomatis mengikuti. Itulah penjelasan singkat beliau mengenai filsafat dan cakupannya.

       Diakhir perkuliahan beliau memberikan tugas terstuktur kepada kami, yaitu untuk membaca artikel yang beliau terbitkan di blog milik beliau dan kemudian merefleksikan hasil bacaan artikel tersebut dalam bentuk komen. Kemudian masing masing dari kami diharuskan membuat blog untuk merefleksikan hasil perkuliahan disetiap pertemuan. Dan tiap minggunya masing masing dari kami wajib memberikan satu pertanyaan yang dituliskan di kertas satu lembar dan dikumpulkan kepada ketua kelas.

4 komentar:

  1. Apa masalahnya, sehingga saya baru bisa membuka refleksi anda pd 23 Oktober?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bapak saya juga tidak mengerti, blog saya tidak dikunci pak. terimakasih bapak sudah membuka refleksi saya

      Hapus
  2. Apa masalahnya, sehingga saya baru bisa membuka refleksi anda pd 23 Oktober?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bapak saya juga tidak mengerti, blog saya tidak dikunci pak. terimakasih bapak sudah membuka refleksi saya.

      Hapus