Minggu, 27 September 2015

PERTEMUAN KETIGA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN DAN PENDIDIKAN

Selasa 22 september 2015 di gedung Lab MIPA gedung PPG1  kami kembali melanjutkan kuliah metodologi penelitian dan pendidikan dengan dosen pengajar ibu DR.Heri Retnowati. Hari ini kami membahas tentang menemukan permasalahan penelitian. Masalah adalah ketidaksesuaian antara kenyataan dan harapan. Setelah kami mengetahui apa itu masalah kami diajak ibu untuk diskusi permasalahan penelitian sebagai berikut,
Penelitian
·         Latar Belakang peningkatan kualitas guru
Kenyataan
Harapan
1.Berdasarkan hasil riset kemampuan guru matematika menyelesaikan masalah kurang
2. kompetensi profesionalisme yang kurang
3. hasil pada wawancara 20 guru matematika, 12 orangnya mengcopy RPP
4. hasil pembelajaran siswa tidak memuaskan
5. prestasi belajar siswa belum memuaskan
6. Pelatihan yang dilaksanakan tidak memberikan hasil yang maksimal
1 kemampuan guru matematika yang baik
2. menyusun RPP
3. tidak ada guru yang mengcopy RPP lagi
4. hasil pembelajaran siswa memuaskan
5. prestasi belajar siswa memuaskan
6. pelatihan yang dilaksanakan memberikan hasil yang maksimal
Solusinya adalah Pelatihan, dapat dikaji pada bab 2. Contohnya pengembangan model pelatihan. Penelitian dapat dilakukan dengan survei
Poin-poin dar kenyataan dapat dijadikan permasalahan, dan kumpulan dari kenyataan dapat dijadikan latar belakang

·       
  Mengembangkan Bank Soal Matematika
Kenyataan
Harapan
1.       Bapak/ Ibu guru meniru soal dari sumber lain
2.       Kompetensi  guru kurang
3.       Keterampilan guru dalam menyusun instrument evaluasi kurang
4.       Belum ada bank soal
5.       Bank merupakan kumpulan soal, bukan system
6.       Perlu nya masih dipertanyakan
7.       Kegunaan masih dipertanyakan
8.       Kualitas masih dipertanyakan
1.       Bapak/ Ibu guru tidak meniru soal dari sumber lain
2.       Kompetensi  guru cukup bahkan baik
3.       Keterampilan guru dalam menyusun instrument evaluasi cukup/baik
4.       sudah ada bank soal
5.       Bank menjadi kumpulan soal

Solusinya mengembngkan bang soal. Penelitian dapat dilakukan survei



·         Permasalahan ketiga, menggunakan metode pembelajaran
Ketika mengadakan pembelajaran seharusnya guru menggunakan
1.       Knowing:
2.       Applying:
3.       Reasoning
Dan seharusnya guru sudah mengerti tentang HOTS (Higher order thinking skill), metodenya bagaimana, alat pembelajarannya apa.
Metode yang biasa digunakan pada HOTS: PBL, Open ended,
Penelitian dapat mengguanakan eksperimental

Selanjutnya ibu DR.Heri Retnowati Cari 3 masalah untuk tesis, tampilkan latar belakang masalah, harapan serta solusinya

TUGAS
Kesenjangan antara kenyatan dan harapan


·         Latar Belakang permasalahan tipe kepribadian siswa
Kenyataan
Harapan
1.       Tipe kepribadian tertutup, dan guru kesulitan mengajar siswa 
2.       motivasi siswa kurang
3.       kesulitan dalam mengerjakan soal non rutin, masalah matematika
4.       tidak tahu bagaimana merepresentasikan jawaban, tidak tahu menyelesaikan masalah matematika
5.       kurang kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika, dan mengikuti alur yang sudah ada
6.       kesulitan mengerjakan soal-soal HOTS
7.       mood siswa yang berubah-ubah
8.       Hasil pembelajaran siswa tidak memuaskan
9.       Prestasi belajar siswa tidak memuaskan
10.   Pemahaman siswa akan pembelajaran tidak ada

1.       Dapat mengatasi kepribadian siswa yang tertutup
2.       Motivasi siswa dalam pembelajaran bertambah
3.       Tidak kesulitan dalam mengerjakan soal non rutin
4.       Tahu bagaimana merepresentasikan jawaban
5.       Kreatif dalam menyelesaikan soal
6.       Tidak kesulitan dalam mengerjakan soal-soal HOTS
7.       Mood siswa dalam pembelajaran stabil
8.       Hasil pembelajaran siswa memuaskan
9.       Prestasi belajar siswa memuaskan
10.   Pemahaman siswa akan pembelajaran ada
Solusinya adalah Guru harus mengetahui tipe kepribadian siswa yang kemudian dianalisis dengan kemampuan berpikir matematis siswa tersebut dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian dapat dilakukan dengan kualitatif deskriptif




·        Latar belakang permasalahan bahan ajar guru
Kenyataan
Harapan
1.       Bahan ajar yang digunakan guru tidak menarik
2.       Siswa tidak aktif dalam pembelajaran
3.       Siswa tidak bersemangat mengikuti perintah guru
4.       Hasil pembelajaran siswa tidak memuaskan
5.       Prestasi belajar siswa tidak memuaskan
6.       Pemahaman siswa akan pembelajaran tidak ada
1.      Bahan ajar yang digunakan guru menarik
2.      Siswa aktif dalam pembelajaran
3.      Siswa bersemangat mengikuti pelajaran
4.      Hasil pembelajaran siswa memuaskan
5.      Prestasi belajar siswa memuaskan
6.      Pemahaman siswa akan pembelajaran ada
Solusinya guru harus mengembangkan bahan ajar berupa handout yang menarik siswa untuk aktif dan bersemangat mengikuti pelajaran. Penelitian dilakukan dengan survei


·        Latar Belakang metode pembelajaran
kenyataan
Harapan
1.       Kurang terampilnya siswa  memecahkan masalah
2.       Metode pembelajaran yang digunakan tidak efektif
3.       Proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik, tidak ada interaksi
4.       Siswa merasa jenuh pada proses pembelajaran
5.       Pembelajaran disampaikan dengan monoton dan tidak kreatif
6.       Hasil pembelajaran siswa tidak memuaskan
7.       Prestasi belajar siswa tidak memuaskan
8.       Pemahaman siswa akan pembelajaran tidak ada
1.      Siswa terampil memecahkan masalah
2.      Metode pembelajaran yang digunakan efektif
3.      Proses pembelajaran berjalan dengan baik, ada interaksi
4.      Siswa tidak merasa jenuh
5.      Pembelajaran tidak disampaikan dengan bnyak variasi, dan kreatif
6.      Hasil pembelajaran siswa memuaskan
7.      Prestasi belajar siswa memuaskan
8.      Pemahaman siswa akan pembelajaran ada
Solusinya guru harus msnggunakan metode pembelajaran yang lebih efektif dan efisien  seehingga pembelajaran tidak monoton dan membosankan namun tetap memberikan pemahaman kepada siswa. Penelitian dilakukan dengan eksperimental.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar