Selasa 22 september 2015 di
gedung Lab MIPA gedung PPG1 kami kembali
melanjutkan kuliah metodologi penelitian dan pendidikan dengan dosen pengajar ibu
DR.Heri Retnowati. Hari ini kami membahas tentang menemukan permasalahan
penelitian. Masalah adalah ketidaksesuaian antara kenyataan dan harapan. Setelah
kami mengetahui apa itu masalah kami diajak ibu untuk diskusi permasalahan penelitian
sebagai berikut,
Penelitian
·
Latar Belakang peningkatan kualitas guru
Kenyataan
|
Harapan
|
1.Berdasarkan hasil riset kemampuan guru matematika menyelesaikan
masalah kurang
2. kompetensi profesionalisme yang kurang
3. hasil pada wawancara 20 guru matematika, 12 orangnya mengcopy RPP
4. hasil pembelajaran siswa tidak memuaskan
5. prestasi belajar siswa belum memuaskan
6. Pelatihan yang dilaksanakan tidak memberikan hasil yang maksimal
|
1 kemampuan guru matematika yang baik
2. menyusun RPP
3. tidak ada guru yang mengcopy RPP lagi
4. hasil pembelajaran siswa memuaskan
5. prestasi belajar siswa memuaskan
6. pelatihan yang dilaksanakan memberikan hasil yang maksimal
|
Solusinya adalah Pelatihan, dapat dikaji pada bab 2. Contohnya
pengembangan model pelatihan. Penelitian dapat dilakukan dengan survei
Poin-poin dar kenyataan dapat dijadikan permasalahan, dan
kumpulan dari kenyataan dapat dijadikan latar belakang
·
Mengembangkan Bank Soal Matematika
Kenyataan
|
Harapan
|
1. Bapak/
Ibu guru meniru soal dari sumber lain
2. Kompetensi guru kurang
3. Keterampilan
guru dalam menyusun instrument evaluasi kurang
4. Belum
ada bank soal
5. Bank
merupakan kumpulan soal, bukan system
6. Perlu
nya masih dipertanyakan
7. Kegunaan
masih dipertanyakan
8. Kualitas
masih dipertanyakan
|
1. Bapak/
Ibu guru tidak meniru soal dari sumber lain
2. Kompetensi guru cukup bahkan baik
3. Keterampilan
guru dalam menyusun instrument evaluasi cukup/baik
4. sudah
ada bank soal
5. Bank
menjadi kumpulan soal
|
Solusinya mengembngkan bang soal. Penelitian dapat dilakukan
survei
·
Permasalahan ketiga, menggunakan metode
pembelajaran
Ketika mengadakan pembelajaran
seharusnya guru menggunakan
1.
Knowing:
2.
Applying:
3.
Reasoning
Dan seharusnya guru
sudah mengerti tentang HOTS (Higher order thinking skill), metodenya bagaimana,
alat pembelajarannya apa.
Metode yang biasa
digunakan pada HOTS: PBL, Open ended,
Penelitian dapat
mengguanakan eksperimental
Selanjutnya ibu DR.Heri Retnowati Cari
3 masalah untuk tesis, tampilkan latar belakang masalah, harapan serta
solusinya
TUGAS
Kesenjangan antara kenyatan dan harapan
Kesenjangan antara kenyatan dan harapan
·
Latar Belakang permasalahan tipe kepribadian
siswa
Kenyataan
|
Harapan
|
1.
Tipe kepribadian tertutup, dan guru kesulitan mengajar siswa
2.
motivasi siswa kurang
3.
kesulitan dalam mengerjakan soal non rutin, masalah matematika
4.
tidak tahu bagaimana merepresentasikan jawaban, tidak tahu menyelesaikan masalah matematika
5.
kurang kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika, dan mengikuti alur yang sudah ada
6.
kesulitan mengerjakan soal-soal HOTS
7.
mood siswa yang berubah-ubah
8.
Hasil pembelajaran siswa tidak memuaskan
9.
Prestasi belajar siswa tidak memuaskan
10.
Pemahaman siswa akan pembelajaran tidak ada
|
1.
Dapat mengatasi kepribadian siswa yang
tertutup
2.
Motivasi siswa dalam pembelajaran bertambah
3.
Tidak kesulitan dalam mengerjakan soal non
rutin
4.
Tahu bagaimana merepresentasikan jawaban
5.
Kreatif dalam menyelesaikan soal
6.
Tidak kesulitan dalam mengerjakan soal-soal
HOTS
7.
Mood siswa dalam pembelajaran stabil
8.
Hasil pembelajaran siswa memuaskan
9.
Prestasi belajar siswa memuaskan
10.
Pemahaman siswa akan pembelajaran ada
|
Solusinya adalah Guru harus mengetahui tipe kepribadian siswa yang
kemudian dianalisis dengan kemampuan berpikir matematis siswa tersebut dalam
menyelesaikan soal matematika. Penelitian dapat dilakukan dengan kualitatif
deskriptif
·
Latar belakang permasalahan bahan ajar guru
Kenyataan
|
Harapan
|
1.
Bahan ajar yang digunakan guru tidak menarik
2.
Siswa tidak aktif dalam pembelajaran
3.
Siswa tidak bersemangat mengikuti perintah guru
4.
Hasil pembelajaran siswa tidak memuaskan
5.
Prestasi belajar siswa tidak memuaskan
6.
Pemahaman siswa akan pembelajaran tidak ada
|
1.
Bahan ajar yang digunakan guru menarik
2.
Siswa aktif dalam pembelajaran
3.
Siswa bersemangat mengikuti pelajaran
4.
Hasil pembelajaran siswa memuaskan
5.
Prestasi belajar siswa memuaskan
6.
Pemahaman siswa akan pembelajaran ada
|
Solusinya guru harus mengembangkan bahan ajar berupa handout yang
menarik siswa untuk aktif dan bersemangat mengikuti pelajaran. Penelitian
dilakukan dengan survei
·
Latar Belakang metode pembelajaran
kenyataan
|
Harapan
|
1.
Kurang terampilnya siswa memecahkan masalah
2.
Metode pembelajaran yang digunakan tidak
efektif
3.
Proses pembelajaran tidak berjalan dengan
baik, tidak ada interaksi
4.
Siswa merasa jenuh pada proses pembelajaran
5.
Pembelajaran disampaikan dengan monoton dan
tidak kreatif
6.
Hasil pembelajaran siswa tidak memuaskan
7.
Prestasi belajar siswa tidak memuaskan
8.
Pemahaman siswa akan pembelajaran tidak ada
|
1.
Siswa terampil memecahkan masalah
2.
Metode pembelajaran yang digunakan efektif
3.
Proses pembelajaran berjalan dengan baik, ada interaksi
4.
Siswa tidak merasa jenuh
5.
Pembelajaran tidak disampaikan dengan bnyak variasi, dan kreatif
6.
Hasil pembelajaran siswa memuaskan
7.
Prestasi belajar siswa memuaskan
8.
Pemahaman siswa akan pembelajaran ada
|
Solusinya guru harus msnggunakan metode pembelajaran yang lebih
efektif dan efisien seehingga
pembelajaran tidak monoton dan membosankan namun tetap memberikan pemahaman
kepada siswa. Penelitian dilakukan dengan eksperimental.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar