Senin, 21 September 2015

PERTEMUAN KEDUA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

Kuliah metodologi penelitian dan pendidikan selasa ini 15 september 2015 diruang kuliah PPG1 Lab MIPA masih melanjutkan pembahasan yang sama mengenai permasalahan apa saja pada proses belajar mengajar. Kuliah ini seperti minggu lalu akan dilaksanakan pada pukul 07.30-10.00. hari ini diskusi yang kami lakukan berbeda dari minggu lalu. Kami boleh mengungkapkan hasil diskusi kami minggu kemaren dengan cara ditanya satu persatu, dan bagi yang ingin mengemukakan pendapat dipersilahkan untuk mengangkat tangan. Dan kemudian ibu mempersilahkan siapa yang ditunjuk beliau untuk berbicara. Selagi mahasiswa mengungkapkan pendapat beliau menuliskan pendapat kami di laptopnya agar semua mahasiswa dapat melihat pendapat tersebut. Dan inilah hasil pembahasan secara bersama-sama setelah digabung dengan hasil diskusi minggu kemaren

Kesimpulan Masalah-masalah pendidikan matematika dapat diklassifikasikan berdasarkan sumbernya setelah didiskusikan secara bersama:
1.       Guru
-          Kurikulum yang diberikan pemerintah (bahan ajar, penilaian, pembelajaran)
-          Kepribadian (kompetensi) dalam mengajar
-          Pemilihan pendekatan/metode pembelajaran
-          Adanya sertifikasi guru apakah meningkatkan kinerja
-          Ekonomi guru, mengajar bukan karena panggilan hati namun karena ada memenuhi ekonomi, mempengaruhi konsentrasi guru
-          Guru sulit mengubah sudut pandang siswa, bahwa matematika menyenangkan
-          Guru mngejar target materi tanpa memperhatikan pemahaman konsep
-          Tidak dapat membangkitkan minat dan motivasi
-          Menyusun media pembelajaran
-          Kurangnya pelatihan kompetensi guru
-          Manajemen waktu pembelajaran
-          Karakteristik siswa yang variatif
-          Ketidaksiapan siswa dalam pembelajaran
-          Kegiatan non akademik yang mempengaruhi waktu efektif pembelajaran
-          Motivasi guru dalam melaksanakan pembelajaran masih kurang

2.       Siswa dan Motivasi
-          Minat dan Motivasi siswa kurang
-          Ketertarikan siswa terhadap guru
-          Siswa belum memahami materi prasyarat sehingga kesulitan memahami materi berikutnya
-          Pembelajaran guru dianggap monoton
-          Matematika dianggap sulit
-          Pemahaman buku yang kurang, materi terlalu abstrak
-          Penerapan waktu 5 hari kerja membuat siswa kurang konsentrasi
-          Kemampuan siswa yang varian
-          Fasilitas pembelajaran
-          Jadwal belajar ( khusus MIPA sebaiknya diletakkan pada pagi hari)
-          Perjuangan kurang, rasa malas, kurang tertarik, tidak sesuai dengan cita-cita
-          Kecemasan ketika ujian
-          Kondisi tubuh

3.       Kepala Sekolah
-          Kepala sekolah kurang memonitor, jadwalnya padat
-          Kurangnya kemampuan bersosialisasi (yayasan)
-          Pengetahuan IT
-          Recruit kepala sekolah (kedekatan emosi)
-          Kurangnya pelatihan
-          Niat kepala sekolah karena ekonomi dan status social
-          Pengelolaan dana kurang optimal
-          Manajemen kurang


4.       Dinas pendidikan
-          Pelatihan yang diselenggarakan dinas tidak merata
-          Kurang monitoring dan evaluasi, hanya melaksanakan tugas saja
-          Pemerataan dana pendidikan
-          Dana bantuan pemerintah tidak full 100% diterima, daya serapnya 100% tetapi tiddak sesuai dengan pelaksanaan
-          Pelayanan administrasi
-          Pengawas sekolah/guru tidak rutin

5.       Orang tua
-          Biaya pendidikan
-          Fasilitas
-          Wawasan orangtua
-          Tuntutan
-          Komunikasi
-          Sibuk
-          Keteladanan
-          Pola asuh
-          Orang tua kurang peka kebutuhan anak

6.       Matematika
-          Kontes soal tidak sesuai dengan yang dihadapi siswa
-          Materi diindonesia terlalu banyak dan dalam
-          Materi padat, menghafal
-          Matematika simbolik
-          Konsep belum diketahui manfaatnya
-          Tingkat kesulitan social

7.       Lingkungan
-          Kurangnya sarana dan prasarana
-          Suasana akademis

8.       Pembelajaran
-          Langsung
-          Apersepsi
-          Pembelajaran belum didukung media
-          Pembelajaran belum didukung perangkat pembelajaran

Inilah semua hasil diskusi pembahasan, tulisan dengan warna merah itu diartikan bahawa kejadian tersebut kondisional, tergantung situasi dan kondisi. Tidak terjadi diseluruh wilayah Indonesia. Selanjutnya ibu menjelaskan dari permasalahan-permasalahan tersebut kami dapat mengambil beberapa judul untuk penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar