Kuliah
metodologi penelitian dan pendidikan selasa ini 15 september 2015 diruang
kuliah PPG1 Lab MIPA masih melanjutkan pembahasan yang sama mengenai
permasalahan apa saja pada proses belajar mengajar. Kuliah ini seperti minggu
lalu akan dilaksanakan pada pukul 07.30-10.00. hari ini diskusi yang kami
lakukan berbeda dari minggu lalu. Kami boleh mengungkapkan hasil diskusi kami
minggu kemaren dengan cara ditanya satu persatu, dan bagi yang ingin mengemukakan
pendapat dipersilahkan untuk mengangkat tangan. Dan kemudian ibu mempersilahkan
siapa yang ditunjuk beliau untuk berbicara. Selagi mahasiswa mengungkapkan
pendapat beliau menuliskan pendapat kami di laptopnya agar semua mahasiswa
dapat melihat pendapat tersebut. Dan inilah hasil pembahasan secara
bersama-sama setelah digabung dengan hasil diskusi minggu kemaren
1.
Guru
-
Kurikulum yang diberikan pemerintah (bahan ajar,
penilaian, pembelajaran)
-
Kepribadian (kompetensi) dalam mengajar
-
Pemilihan pendekatan/metode pembelajaran
-
Adanya sertifikasi guru apakah meningkatkan
kinerja
-
Ekonomi guru, mengajar bukan karena panggilan
hati namun karena ada memenuhi ekonomi, mempengaruhi konsentrasi guru
-
Guru sulit mengubah sudut pandang siswa, bahwa
matematika menyenangkan
-
Guru mngejar target materi tanpa memperhatikan
pemahaman konsep
-
Tidak dapat membangkitkan minat dan motivasi
-
Menyusun media pembelajaran
-
Kurangnya pelatihan kompetensi guru
-
Manajemen waktu pembelajaran
-
Karakteristik siswa yang variatif
-
Ketidaksiapan siswa dalam pembelajaran
-
Kegiatan non akademik yang mempengaruhi waktu
efektif pembelajaran
-
Motivasi guru dalam melaksanakan pembelajaran
masih kurang
2.
Siswa dan Motivasi
-
Minat dan Motivasi siswa kurang
-
Ketertarikan siswa terhadap guru
-
Siswa belum memahami materi prasyarat sehingga
kesulitan memahami materi berikutnya
-
Pembelajaran guru dianggap monoton
-
Matematika dianggap sulit
-
Pemahaman buku yang kurang, materi terlalu
abstrak
-
Penerapan waktu 5 hari kerja membuat siswa
kurang konsentrasi
-
Kemampuan siswa yang varian
-
Fasilitas pembelajaran
-
Jadwal belajar ( khusus MIPA sebaiknya
diletakkan pada pagi hari)
-
Perjuangan kurang, rasa malas, kurang tertarik,
tidak sesuai dengan cita-cita
-
Kecemasan ketika ujian
-
Kondisi tubuh
3.
Kepala Sekolah
-
Kepala sekolah kurang memonitor, jadwalnya padat
-
Kurangnya kemampuan
bersosialisasi (yayasan)
-
Pengetahuan IT
-
Recruit kepala sekolah
(kedekatan emosi)
-
Kurangnya pelatihan
-
Niat kepala sekolah
karena ekonomi dan status social
-
Pengelolaan dana kurang optimal
-
Manajemen kurang
4.
Dinas pendidikan
-
Pelatihan yang diselenggarakan dinas tidak
merata
-
Kurang monitoring dan evaluasi, hanya
melaksanakan tugas saja
-
Pemerataan dana pendidikan
-
Dana bantuan pemerintah tidak full 100%
diterima, daya serapnya 100% tetapi tiddak sesuai dengan pelaksanaan
-
Pelayanan administrasi
-
Pengawas sekolah/guru tidak rutin
5.
Orang tua
-
Biaya pendidikan
-
Fasilitas
-
Wawasan orangtua
-
Tuntutan
-
Komunikasi
-
Sibuk
-
Keteladanan
-
Pola asuh
-
Orang tua kurang peka kebutuhan anak
6.
Matematika
-
Kontes soal tidak sesuai dengan yang dihadapi
siswa
-
Materi diindonesia terlalu banyak dan dalam
-
Materi padat, menghafal
-
Matematika simbolik
-
Konsep belum diketahui manfaatnya
-
Tingkat kesulitan social
7.
Lingkungan
-
Kurangnya sarana dan prasarana
-
Suasana akademis
8.
Pembelajaran
-
Langsung
-
Apersepsi
-
Pembelajaran belum didukung media
-
Pembelajaran belum didukung perangkat
pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar