Senin, 12 Oktober 2015

TUGAS MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN DAN PENDIDIKAN

 KERANGKA BERPIKIR

1. Analisis kemampuan berpikir kritis dan matematis siswa dengan tipe kepribadian tertentudalam memecahkan masalah matematika






Deskripsi:
1.       Guru tidak mengetahui kondisi siswa pada pemecahan masalah matematika ditinjau dari berpikir kritis dan matematisnya. Guru  tidak mampu mendekati anak  yang memiliki kepribadian berbeda
2.       –Siswa kurang tertarik pada pelajaran matematika
- prestasi belajar siswa rendah
-pemahaman siswa dalam soal pemecahan masalah belum diketahui
3.       Guru menggunakan instrument kepribadian untuk menganalisis jenis kperibadian apa siswa tersebut
4.       Guru memberikan masalah matematika kepada siswa, sebagai tes tahap I
5.       Guru dan peneliti menganalisis hubungan antara kepribadian dan cara berpikir kritis serta cara berpikir matematisnya
6.       Diduga ada keterkaitan antara kepribadian dengan cara berpikir kritis dan matematis siswa sehingga dapat menganalisis masalah yang terdapat pada siswa


Kajian pustaka:



A.      Definisi Berpikir kritis
B.      Definisi Berpikir matematis
C.      Definisi Tipe kepribadian
D.      Definisi Pemecahan masalah



2. Mengembangkan bahan ajar berupa Handout yang menarik siswa untuk aktif dan bersemangat mengikuti pelajaran




Deskripsi
1.       Guru kurang inovatif dan kreatif dalam pembelajaran
2.       -Siswakurangtertarikpadapelajaranmatematikadancenderungcepatbosan
-prestasibelajarsiswarendah
3.       Guru menggunakan modifikasi alat bantu dalam pembelajaran matematika dalam hal ini berupa handout
4.       Guru dan peneliti menguji cobakan handout pada kelas, dan siswa mencoba mngerjakannya
5.       Melalui modifikasi alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika

  Kajian pustaka:
A.      Definisi pengembangan
B.      Definisi bahan ajar
C.      Definisi handout



3. keefektifan metode pembelajaran discovery learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan matematis



Kajian pustaka:
A.      Definisi Keefektifan
B.      Definisi Metode
C.      Definisi Metode discovery learning
D.      Definisi permainan
E.       Definisi Berpikir kritis
F.       Definisi Berpikir matematis



3 komentar:

  1. akan sangat baik ketika kerangka berpikir menampilkan poin-poin representatif saja, namun ketika kita ingin menambahkan deskripsi tentu sah-sah saja tapi dapat diluangkan setelah kerangkan berpikir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas saran-sarannya ;)

      Hapus
    2. sudah saya perbaiki pak, didalam gambar diagram dibuat dalam bentuk poin dan kemudian dideskripsikan setelah diagram

      Hapus